Daihatsu Wake:response.jp |
Kei Car di Jepang tidak hanya berbentuk small city car, tapi juga bisa berupa microvan dan truk loh. regulasi disana menjadikan pajak yang dibayarkan menjadi lebih sedikit. Tapi Kei Car kan cc nya kecil, nanti gak kuat nanjak, lemot dll. helllooooo, pada saat ini rata-rata key car sudah dibekali dengan turbo charger, sehingga horse power yang dikeluarkan lebih besar bahkan hampir setara dengan mobil-mobil hatchback 1200-1500cc.
Lalu apa perbedaan Mobil LCGC dengan Kei Car, kalau dari sisi definisi Kei Car masuk dalam mobil lcgc loh, karena ccnya kecil, dimensi kecil dan pastinya irit. sedangkan gak semua mobil lcgc itu termasuk Kei Car, karena cc mobil murah lcgc yang beredar di Indonesia itu ada yang mencapai 1200 cc, misalnya honda brio satya dan datsun Go/Go+, dari sisi Undang undang Mobil Kei Car tidak masuk dalam LCGC, karena regulasi Mobil Murah mengharuskan adanya komponen lokal 80%, dan harga dibawah 90 jutaan*. itulah mengapa kei car jepang sana belum masuk ke Indonesia, dari sisi infra struktur juga Kei Car agak meragukan, udara yang kotor, jalan yang berlobang-lobang-lobang-lobang menjadikan SUV paling cocok di Indonesia