8/27/2013

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah Mobil LCGC pertama di Indonesia!

Regulasi Mobil LCGC telah rampung dan tinggal menunggu verifikasi dari Mobil yang diajukan oleh ATPM. Bicara mobil murah tentunya tidak lepas dari kesuksesan Pabrikasi itu sendiri dalam efisiensi perakitan dan pemasaran. Semakin efisien tentunya Regulasi terkait perakitan di Indonesia memacu kemajuan Teknologi Otomotif Nasional. Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Budi Darmadi mengatakan, kebutuhan terkait kendaraan roda empat pada negara maju pasti akan bertambah karena bagian dari kesejahteraan.

Dikeluarkannya regulasi LCGC yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 akan diharapkan dapat memajukan Infrastruktur Industri otomotif nasional serta memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk menjadi produsen mobil lokal. Ekspor mobil Indonesia keluar hanya berkisar 12 persen. Dengan dikeluarkannya regulasi LCGC dapat meningkatkan ekspor produk otomotif hingga mencapai 20 persen dari produksi nasional. Mobil LCGC meningkatkan produksi mobil nasional dan menambah industri komponen di Indonesia, sehingga memudahkan pabrikasi dalam membuat mobil LCGCnya. Dikutip dari poskotanews.com“Dengan membeli komponen dalam negeri dan merakit disini, jelas akan memperkuat struktur industri otomotif Indonesia,” ujarnya.

Petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan LCGC telah rampung, sudah dua ATPM yang sudah membangun pabrik LCGC, yaitu Daihatsu dengan Mobil LCGC Ayla dan Toyota Agya. Sedangkan ATPM Honda, Suzuki, dan Nissan berniat untuk memasuki pasar Mobil LCGC dan sedang membuat pabrik perakitannya.Target penjualan mobil sebelumnya sebanyak 1,1 juta unit atau tetap jika dibandingkan tahun lalu. Sudah semakin jelas ya, Mobil LCGC yang pertama kali keluar adalah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

 
Back To Top