9/01/2013

Label SNI membuat Mobil LCGC kian Mahal!

Ada-ada saja, Belum usai proses verifikasi terkait Mobil Murah dari tiap pabrikan karena proses birokrasi yang panjang dan berbelit, kali ini ada lembaga yang mencoba peruntungannya di lahan basah, ialah Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang menginginkan adanya Standar Nasional Indonesia (SNI) mobil murah LCGC dengan dalih meningkatkan daya saingMasyarakat Ekonomi Asean 2015.Worth it? Mengingat setiap mobil pasti di melewati tahap uji coba yang panjang ditambah verifikasi berbagai lembaga baik kementrian maupun lembaga lainnya.

Bambang Prasetyo selaku Kepala BSN mengatakan ada 15 standar yang akan diusulkan kepada pemerintah untuk memajukan inovasi bagi baterai mobil murah. Menurut dia, mobil murah merupakan produk otomotif unggulan yang dibuat di Indonesia dalam menghadapi pasar bebas Asean pada tahun 2015. Inovasi dikatakan memegang peranan penting dalam mendukung daya saing produk nasional. Dikutip dari Republika.co.id "Inovasi perlu didukung oleh ketersediaan standar yang dapat menjadi acuan bagi jaminan kualitas dan keamanan produk," katanya di Jakarta, Sabtu (31/8). Bambang menyatakan, penggarapan standar untuk baterai bagi mobil murah yang akan dikembangkan Indonesia sudah dimulai tahun ini. Diperkirakan memerlukan waktu hingga 13 bulan dalam prosesnya. "Karena itu, standar tersebut akan keluar pada tahun depan," katanya.
Biasanya, proses penyelesaian standar memakan waktu hingga 18 bulan. Namun saat ini dilakukan efisiensi sehingga ditargetkan selesai dalam 13 bulan. Ditambahkan, proses penyelesaian standar untuk baterai mobil murah tersebut sebagian akan ditangani BSN. Sementara sebagian lainnya dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi. Anggarannya, sebesar Rp 7 miliar untuk tahun ini.

Bayangkan saja, jikaya biaya SNI untuk UKM seperti ini, bagaimana bila di implementasikan pada Mobil LCGC?.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 63 tahun 2007, yang berlaku pada Kementerian Perindustrian, biaya SNI sebagai berikut :
No.
SatuanTarif (RP)
1.Biaya permohonanPer perusahaan100.000
2.Jasa asesor untuk audit kecukupanPer perusahaan500.000
3.Jasa asesor untuk audit kesesuaian dan pengawasan (surveillance) di dalam negeri
- Biaya asesor.tenaga ahli/petugas pengambil contoh
Asesor kepala
Asesor
Tenaga ahli
Petugas Pengambil Contoh (PPC)
- Biaya per diem
Per orang/hari
Per orang/hari
Per orang/hari
Per orang/hari
Per orang/hari
1.000.000
750.000
500.000
500.000
150.000
4.Biaya proses sertifikasiPer tahun/SNI1.500.000
5.Biaya pemeliharaan sertifikasi dalam rangka pengawasanPer tahun/SNI1.000.000
6.Biaya sertifikat untuk permohonan baruPer sertifikat100.000
7.Jasa asesor untuk audit kesesuaian dan pengawasan (surveillance) di luar negeri
- Biaya asesor/tenaga ahli/petugas pengambil contoh
Asesor kepala
Asesor
Tenaga ahli
Petugas Pengambil Contoh (PPC)
- Pengambil per diem
Per orang/hari
Per orang/hari
Per orang/hari
Per orang/hari
Per orang/hari
3.000.000
2.500.000
2.000.000
2.000.000
1.000.00
Catatan :
Biaya per diem adalah ongkos perjalanan auditor KAN, menuju dan kembali dari tempat kegiatan asesmen dilakukan. Surveillance adalah kunjungan pengawasan minimal satu tahun sekali pada Lembaga Sertifikasi atau Lembaga Pelatihan atau Lembaga Inspeksi yang telah diakreditasi untuk menilai dan memantau kesesuaian akreditasinya terhadap standar akreditasi yang telah ditetapkan.
Mengharukan sekaligus geli liat mobil ada logo SNI, kenapa tidak sekalian test crash NCAP yang sudah kredibel? toh mobil murah minim fitur safety tetap mengaspal


 
Back To Top