9/19/2013

Verifikasi Komponen, Ini Harga Brio Satya Setelah Lolos sebagai Mobil LCGC

Honda Brio Satya yang mengklaim 85% komponennya adalah buatan lokal nampaknya masih harus menunggu dalam verifikasi komponen yang dilakukan oleh tim verifikator dari Kemenperin, meskipun Sebanyak lima produsen otomotif telah memantapkan hari untuk memproduksi mobil LCGC, faktanya hanya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang barus mengaspal di tanah air.Budi menjelaskan, kendaraan-kendaraan yang belum memperoleh verifikasi sebagai mobil LCGC tidak berhak mendapatkan insentif. Termasuk di dalamnya mobil buatan Honda, Brio Satya.

Namun pemerintah tidak melarang Mobil yang di persiapkan untuk LCGC, akan tetapi hal tersebut berdampak bagi pemasaran karena tanpa insentif dari pemerintah, tentu saja harga dan fitur menjadi sorotan utama bagi yang ingin beralih ke mobil murah ini. Proses verifikasi tergantung pada kecepatan interaksi surveyor, verifikator dan produsen yang sedang diverifikasi. Besaran insentif yang diberikan oleh pemerintah yaitu penghilangan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) sebesar 25, 50 dan 100 persen. tergantung kapasitas mesin, konsumsi bahan bakar, persyaratan alih teknologi serta tingkat kandungan komponen dalam negeri.

Apakah itu berarti harga Mobil LCGC Honda Brio Satya akan menurun? mengingat price list Honda Brio Satya cukup miris, dengan varian manual saja honda brio dibandrol dengan harga dibawah ini;

Tipe

Harga
Satya ARp 106.000.000
Satya SRp 111.000.000
Satya ERp 117.000.000

Bila dikurangi dengan insentif mobil LCGC maka tidak mungkin harga Brio Satya menjadi masuk akal. Misal 25% Maka tipe terendah Brio Satya hanya dijual dengan harga Rp 79.500.000 dengan varian tertinggi Satya E Rp 88.750.000 yang merupakan harga paling make sense dalam pasar mobil murah!.

 
Back To Top